Minggu, 05 April 2009

IBM Perkenalkan Rangkaian Solusi Untuk Infrastruktur Abad Ke-21

JAKARTA, 19 Maret 2009 – IBM hari ini mengumumkan produk dan layanan baru untuk membantu kliennya membangun infrastruktur baru yang lebih dinamis, ter-otomatisasi, terintegrasi serta memiliki efisiensi tingkat tinggi. Hal ini akan memungkinkan sektor bisnis dan pemerintah merespon dan menghadapi tantangan secara lebih baik.

Dengan produk dan layanan yang baru ini, klien akan dapat menggunakan sistem komputasi yang bertenaga besar untuk mengelola dan mendapatkan wawasan tentang berbagai hal di dalam infrastruktur fisik mereka yang semakin dipenuhi sensor-sensor pintar. IDC mengestimasikan peluang pasar untuk piranti lunak, server, teknologi dan server yang diperlukan untuk mengelola seluruh infrastruktur fisik dan dunia TI yang terkonvergensi akan mencapai $122 milyar pada tahun 2012.

ibm

Infrastruktur fisik yang ada saat ini semakin dipenuhi instrumen. Sensor-sensor dipasang di mana-mana: di jembatan dan jalan raya, kendaraan bermotor, peralatan rumah tangga, kamera, saluran pipa, dan bahkan dalam obat-obatan dan hewan ternak. Di saat yang sama, Internet membuat semua komputasi tertanam ini menjadi terinterkoneksi, sehingga terdapat trilyunan benda pintar yang saling terkait, di samping gunung data yang mereka hasilkan. Persyaratan utama untuk infrastruktur baru yang dinamis ini meliputi:

• Pengintegrasian infrastruktur fisik dan digital, sehingga TI dapat digunakan untuk mengelola proses bisnis, aset dan infrastruktur fisik yang semakin pintar, serta mendorong terciptanya layanan baru yang lebih baik.

• Kemampuan untuk mengelola, menyimpan dan menganalisa 15 petabyte informasi baru yang dunia ini hasilkan setiap hari. Hal ini akan memungkinkan klien untuk mengatasi persyaratan pengelolaan informasi dalam jumlah sangat besar, terkait dengan tantangan kepengaturan, kepatuhan, ketersediaan, retensi, resiko dan keamanan yang kita hadapi saat ini.

• Berkurangnya ketidak-efisienan dan meningkatnya resiliensi dalam dunia yang semakin terinterkoneksi saat ini. Biaya pusat data, misalnya – untuk energi, ruang, dll. – telah meningkat delapan kali lipat dari tahun 1996; padahal tingkat penggunaan server terdistribusi rata-rata hanya 6-15%.

Dalam merespon kebutuhan untuk infrasturktur baru, IBM bekerja-sama dengan ribuan klien di seluruh dunia, dengan menerapkan keahlian dan pengalaman industrinya yang luas, untuk menghubungkan semua benda-benda pintar ini ke sistem-sistem backend baru yang bertenaga besar. Sistem-sistem ini mampu memproses semua data itu, dan menerapkan analitik-analitik canggih yang dapat mengubahnya menjadi wawasan yang nyata secara real time.

Berlandaskan keahliannya tersebut, hari ini IBM mengumumkan produk dan layanan baru yang spesifik untuk berbagai industri, sehingga membantu klien-klien mengintegrasikan infrastruktur fisik dan digital mereka. Penawaran baru ini meliputi:

Mengelola Jumlah Informasi yang Demikian Besar
IBM juga mengumumkan teknologi-teknologi baru yang dapat membantu klien-klien mengelola data dalam jumlah besar secara aman dan efisien:

• Untuk membantu pelanggan mengelola dan mellindungi data yang jumlahnya meningkat pesat, IBM hari ini mengumumkan sebuah perangkat terintegrasi yang terdiri dari sebuah server, penyimpanan dan piranti lunak “duplikasi data”. IBM TS7650 ProtecTIER® Deduplication Appliance yang dapat menghilangkan pengulangan data dan memungkinkan pelanggan untuk menyimpan data lebih lama, melindungi data secara lebih efisien dan handal, serta menghemat uang dengan mengurangi kebutuhan energi, ruang lantai dan biaya pemeliharaan. Penawaran ini adalah hasil dari akuisisi Diligent Technologies oleh IBM pada tahun 2008.

• IBM mengumumkan pencanggihan terhadap IBM XIV Storage System, termasuk sebuah point of entry baru yang lebih rendah dan pencanggihan interoperabilitas. Konfigurasi kapasitas minimum yang 65% lebih kecil ini dirancang untuk pelanggan kelas menangah dan kelas enterprise yang membutuhkan kapasitas awal yang lebih kecil.

• Full-Disk Encryption pada IBM System Storage DS8000 yang membantu meningkatkan keamanan, serta mengurangi biaya dan kerumitan dengan drive inovatif yang dapat mengenkripsikan diri. Kebocoran data dan regulasi baru membangiktkan minat terhadap solusi-solusi penyimpanan IBM yang dapat mengenkripsikan diri dan terkemuka di industri. Solusi keamanan DS8000 tidak saja dapat menjamin keamanan data, tetapi juga menawarkan solusi yang simpel dan hemat biaya untuk secara aman “menghapus disk” yang sudah dipensiunkan atau digunakan untuk kepentingan lain.

• IBM Internet Security System yang dirancang dengan teknologi keamanan generasi mendatang untuk membantu klien-klien melindungi informasi penting mereka, mulai dari dalam perusahaan hingga ke jaringan. IBM dapat membantu menghindari kehilangan data dengan: pencegahan gangguan terhadap jaringan; pengimplementasian dan pengelolaan solusi-solusi enkripsi untuk lebih melindungi data meskipun perangkat ujungnya hilang atau dicuri; dan mempercanggih keamanan untuk email yang diterima dan dikirim.

• Perangkat InfoSphere Warehouse for System z versi beta yang baru dirancang untuk membantu klien-klien mengambil keputusan secara real time berdasarkan data bisnis inti guna meningkatkan pengelolaan pelanggan.

Mengurangi Ketidak-efisienan, Membangun Resiliensi
IBM juga mengumumkan piranti lunak baru yang akan membuat infrastruktur menjadi lebih resilien, tervirtualisasi, hijau dan efisien, selain membantu klien mengurangi biaya.

• Unsur utama dari sebuah infrastruktur yang lebih efisien adalah piranti lunak IBM Systems Director. Piranti lunak ini dapat menyusun aset-aset fisik dan digital yang berantakan. Piranti lunak Systems Director ini memungkinkan pelanggan mewujudkan efisiensi pada platform server UNIX, Windows, dan Linux. Alat-alat piranti lunak yang canggih dapat membantu manajer TI mengendalikan dan mengotomatisasikan sejumlah besar server fisik maupun virtual di berbagai perangkat keras IBM (maupun non-IBM), termasuk AIX, Windows, Linux, Power, VMware, Microsoft Virtual Server, Xen, dan z/VM. IBM Systems Director dapat secara otomatis memonitor operasi perangat keras di lokasi yang jauh dan mengambil tindakan yang tepat berdasarkan pemberitahuan yang ada.

Untuk membangun manfaat IBM Systems Director, IBM mengumumkan penawaran-penawaran baru:

• Piranti lunak IBM Tivoli Monitoring for Energy Management yang membawa fungsi otomatis ke dalam proses pengelolaan dam pelaporan konsumsi energi oleh aset-aset non TI – misalnya sebuah kantor yang membangun sistem AC atau lampu jalan kota. Dengan piranti lunak yang baru, organisasi-organisasi kini dapat menyusun berbagai bentuk laporan untuk membantu mereka melacak dan memvisualisasikan dinamika energi – dan mengambil tindakan, melakukan extrapolating tentang bagaimana perubahan dapat mendorong hasil bisnis yang berbeda-beda dengan menggunakan kalkulasi “what if”.

• IBM Resiliency Consulting Services yang menyediakan penilaian, perencanaan dan analisa dampak bisnis untuk mengidentifikasi proses bisnis utama yang paling berdampak pada pendapatan dan aset pelanggan, serta membantu mereka memprioritaskan strategi pemulihan yang mungkin diperlukan jika terjadi gangguan bisnis.


sumber : http://www.chip.co.id/direct/?paged=2

0 komentar: