Minggu, 26 April 2009

Virus Komputer

Ketika berbicara tentang keamanan komputer/laptop yang kita gunakan tentunya sangatlah luas sekali tapi disini saya akan menjelaskan segala sesuatunya dari hal yang umum saja, bila kita menggunakan komputer tentunya terdapat resiko-resiko keamanan dari komputer yang kita gunakan dari berbagai serangan baik internal maupun eksternal, yang bisa menyebabkan kehilangan data dan juga merusak sistem dari komputer kita, apabila komputer kita terus terkoneksi ke internet maka bisa memungkinkan juga terkena cybercrime.

Program perusak yang secara potensial mempengaruhi komputer secara negatif dengan cara mengubah kerja komputer atau dinamakan dengan virus mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda, bagaimana virus bisa masuk komputer kita ? yaitu dengan membuka file yang sudah terinfeksi, menjalankan program yang sudah terinfeksi. Sumber dari virus sebenarnya ditulis oleh seorang programmer, sebagian pembuat virus menulis virus sebagai tantangan dan sebagian lainnya membuat virus untuk menyebabkan kerusakan atau memperlambat koneksi internet. ada beberapa tipe virus 1. Boot sector virus yang berada dalam boot sector dari floopy disk atau master boot record dari hardisk, 2. File virus yang menempel dengan sendirinya ke file-file program, dan terakhir adalah Macro virus jadi ketika dokumen yang mengandung makro terinfeksi virus di load ke memory. Bagaimana kah virus aktif ? ada 3 jenis virus aktif di komputer kita, yang pertama Logic bomb jadi virus aktif ketika mendeteksi kondisi tertentu, kedua Time Bomb jadi virus ini akan aktif pada jam tertentu atau tanggal tertentu, terakhir Malware Malicious-logic program ini lah yang paling berbahaya karena beraksi tanpa sepengetahuan dari si pengguna tetapi dampaknya merusak sistem dari komputer.

Bagaimana cara memproteksi komputer kita dari virus ? Apabila ada suatu penyakit pasti ada obatnya karena itu memang merupakan suatu ketetapan dari Sang Pencipta. Untuk memproteksi komputer kita maka gunakanlah anti virus yang sudah banyak sekali pada saat ini ada McAfee, Norton, AVG, Kaspersky, Avira, Bitdefender, Avast, dan lainnya untuk anti virus internasional sedangkan untuk anti virus lokal buatan programmer Indonesia juga banyak dan bisa bersaing dengan anti virus international contohnya PC-MAV, SMADAV, dll.. biasanya sih untuk membunuh virus-virus lokal anti virus dari indo mah. Oke mudah2an sedikit tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk ada semuanya.


dibuat oleh Dudy Adityawan

2 komentar:

way mengatakan...

tapi ada solusi nya brroo yang palin cepet install ulanga aja heheheh key tkhs bro udah maen maen ke http://www.upgadget.com yah salam kenal

Pantang Gaptek mengatakan...

Wah kalau setiap kena virus di install ulang mah bisa rusak haridiskna mas.. wkwowkwo.. !! yup salam kenal juga mas