Kamis, 07 Mei 2009

Instal Windows XP pake Flash Disk

Saat ini keberadaan netbook sangat digemari oleh banyak orang penggemar computer jinjing. Walaupun terkadang spesifikasi sebuah netbook tidak sehebat notebook-notebook berukuran besar, tetapi karena harganya yang relative lebih murah, ukurannya yang kecil, kemampuannya dapat diandalkan untuk mengakomodasi kebutuhan berkomputer sehari-hari serta mudah dibawa kemana-mana menjadikan nilai plus dari sebuah netbook. Namun kekurangan dari sebuah netbook biasanya terletak dari tidak adanya perangkat optical dive, seperti CD-ROM/RW atau DVD-ROM/RW.

Salah satu masalah yang timbul akibat ketidaktersediaan optical drive pada sebuah netbook adalah kesulitan saat hendak melakukan instalasi aplikasi ataupun system operasi. Akhirnya banyak pengguna netbook harus menyalin aplikasi atau system operasi yang hendak di install kedalam flash disk atau menggunakan external optical drive dan kemudian baru melakukan installasi seperti biasa. Namun tentu saja hal itu sangatlah merepotkan bagi pengguna awam yang tidak mengetahui prosedur installasi aplikasi atau system operasi via flash disk. Apalagi disamping itu harga dari sebuah external optical drive dikategorikan masih lumayan menguras kocek kita.

Kali ini saya ingin memberikan sebuah tips membuat modul installasi Windows menggunakan media flash disk. Sehinga anda dapat melakukan installasi windows dengan menggunakan media flash disk. Modul installasi ini tidak hanya dapat di implementasikan kedalam netbook saja, tetapi juga dapat diaplikasikan pada computer mana pun yang telah memiliki fitur untuk booting via USB. Mungkin saat ini yang terlintas dipikiran anda hanyalah menyalin file windows ke dalam flash disk, tapi percayalah bahwa membuat modul installasi tidaklah semudah itu dan dapat dipastikan bila anda menggunakan cara tersebut tidak akan berhasil dalam melakukan installasi windows kedalam netbook anda. Namun jangan khawatir, karena dengan mengikuti langkah-langkah berikut, proses pembuatan modul installasi Windows pun tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi pembuat modul aplikasi yang dapat anda download disini. Setelah proses download telah selesai tancapkan flash disk kedalam port USB. Ingat-ingat posisi drivenya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya. Kemudian saat anda berada diposisi normal, masukkan CD installasi Windows kedalam optical drive. Jika computer menjalankan proses installasi secara otomatis batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

Setelah itu ekstrak aplikasi yang tadi telah anda download, sesudah diekstrak jalankan file yang bernama “usb_prep8.bat” maka dilayar monitor akan muncul jendela Command Prompt berisi macam2 perintah. Jika sudah muncul tulisan “press any key to continue”, tekan sembarang tombol untuk konfirmasi. Kemudian dilayar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta anda memformat flash disk anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk memulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan anda.

Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB tetapi jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika anda menjalankan usb_prep8.bat, maka dilayar akan muncul opsi-opsi dari 0-5. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file installasi yang natinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana anda menyimpan installasi windows. Pilih optical drive dimana sudah ada CD Windows didalamnya, atau pilih folder pilihan anda jika anda menyalin file installasi Windows ke folder tertentu.

Kemudian pilih opsi 3 untuk menentukan dimana anda mencolokkan flash disk. Kalau flash disk anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika di drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive yang lainnya. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk memulai proses pembuatan modul installasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apapun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lainnya.

Setelah semua proses telah selesai, kini flash disk anda telah siap untuk digunakan installasi Windows. Silahkan melakukan setting pada BIOS netbook anda, dan pilih Removable Disk atau apa pun nama lainnya sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.


sumber : andigunawan.net

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Thaks banget postingannya

Soale saya baru beli Acer aspire One

tulisan ini sangat mmbantu saya

Thanks berat....

Pantang Gaptek mengatakan...

Oke mas sama2... hehhehehe!!!