Sabtu, 21 Februari 2009

GOLONGAN KOMPUTER

Pada artikel sebelumnya saya telah mengkupas tuntas bahasan mengenai sejarah komputer, pada artikel ini saya akan menjelaskan masih menyangkut tentang komputer akan tetapi lebih spesifik lg. Yaitu mengenai penggolongan komputer, loh..loh.. kok komputer punya golongan sih dah kaya PNS (Pegawai Negeri Sipil) aja. Eits.... justru itu kita mesti tahu dan bahkan harus karena pada umumnya yang kita ketahui komputer itu bentuknya seperti personal computer (PC) dan laptop, jika hanya itu saja yang kita ketahui maka kita belum memahami akan kegunaan dari komputer itu sendiri. komputer itu banyak macamnya seperti alat pengukur denyut jantung yang ada dirumah sakit, proses pengontrolan pada pabrik kimia dan sebagainya yang nanti akan saya jelaskan lebih lanjutnya. Tuh kan pasti bingung apa hubunganya alat pengukur denyut jantung sama komputer? bukannya itu adalah suatu alat yang memang diciptakan untuk mengukur denyut jantung manusia? nah kalau ingin tahu jawabannya kita lanjut aja ke penjelasan berikutnya.
Komputer di golongkan menjadi 5 berdasarkan dengan keperluannya, yang pertama komputer yang digolongkan berdasarkan data yang diolah, yang kedua komputer digolongkan berdasarkan penggunaanya, ketiga komputer digolongkan berdasarkan ukurannya, keempat komputer digolongkan berdasarkan instalasi, dan yang terakhir komputer digolongkan berdasarkan generasinya. kelima golongan komputer tersebut akan saya jelaskan lebih dalamnya lagi satu-persatu.

Golongan Komputer Berdasarkan data yang di olah

Pada golongan komputer ini terbagi lagi menjadi 3 bagian

1. Komputer analog
Jenis komputer ini digunakan untuk data yang sifatnya kontinu (datar atau statis) dan bukan berbentuk angka, huruf, maupun simbol-simbol khusus; Melainkan dalam bentuk fisik contohnya data mengenai arus listrik, data mengenai suhu, kecepatan,tekanan dan sebagainya. Hasil keluaran atau outputnya adalah pengaturan atau pengontrolan suatu mesin, hasilnya juga sangatlah valid. Dan nantinya akan digunakan untuk proses pengontrolan pada pabrik kimia, penyulingan minyak, rumah sakit untuk mengukur denyut jantung, dan sebagainya

2. Komputer digital
Jenis komputer ini sangat berkebalikan dengan jenis komputer analog karena jenis komputer ini bisa menerima data dalam bentuk angka, huruf, ataupun simbol-simbol khusus dalam mengoperasikannya untuk prosesnya sangat cepat. Biasanya komputer ini terdapat di laboratorium komputer, perkantoran, tempat bisnis (seperti BEJ) dan lain-lain.

3. Komputer Hibrid
Jenis komputer ini sangatlah luar biasa lebih hebat dari komputer analog maupun komputer digital bisa dibilang jenis komputer ini merupakan kombinasi dari kedua jenis komputer yang sebelumnya dijelaskan. Karena mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dibanding komputer analog. contoh real dari komputer hibrid adalah robot di pabrik pembuatan mobil dan lain-lain.

Golongan komputer berdasarkan penggunaanya

Pada golongan komputer, jenis komputer terbagi menjadi dua

1. Komputer Khusus (Special-purpose computer)
Komputer khusus ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang sangat khusus, yang biasanya tugasnya hanya menyelesaikan satu masalah. Program yang dibuat pun program khusus dan sudah tersimpan didalam komputernya, umumnya berupa komputer analog, walaupun terkadang ada yang berupa komputer digital. Contoh untuk komputer ini antara lain komputer yang dipasang pada cockpit pesawat terbang, dan pada penyulingan minyak.

2. Komputer Umum (General-purpose computer)
Komputer jenis ini dirancang untuk menyelesaikan bergabagai macam masalah dan dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk setiap masalah yang berbeda. Komputer generasi sekarang umumnya dirancang sebagai komputer umum, misalnya komputer digital yang dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah.

Golongan komputer berdasarkan ukurannya

Komputer tuh ada ukurannya juga loh, gak mesti kecil dan mungil. karena biasanya kita sering melihat ada komputer yang khusus ditempatkan dalam satu ruangan besar. Biasanya sih kalau ditempatkan dalam satu ruangan besar seperti itu komputer tersebut adalah komputer server yang merupakan pusat dari penyimpanan data dari berbagai sumber. dibawah ini adalah jenis komputer yang berdasarkan ukurannya dari segi bentuk maupun kemampuan dari komputer itu sendiri

1. Komputer Mikro (micro computer)
Dari kata mikro kita sudah bisa membanyangkan bahwa komputer ini sangatlah besar dan biasanya komputer jenis ini berbentuk analog.

2. Komputer Mini (mini computer)
Nah kalau ini kebalikan dari mikro yaitu komputer yang sangatlah kecil bahkan bisa sebesar dompet kita ukurannya.

3. Mainframe
Mainframe ini biasanya adalah komputer inti

4. Komputer Super (super computer)
Ukuran dari komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data data, yang ditentukan oleh
- Kapasitas memori utama (main memory)
- Konfigurasi register : banyaknya digit biner (0 atau 1) atau bit (binary digit) yang dapat ditampung dalam sebuah register misalnya 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit.
- Kecepatan mengolah
- Jumlah dan macam alat-alat input/output
- Ukuran fisik kompter dan ruangan yang dibutuhkan

Golongan komputer berdasarkan instalasi

1. Komputer pribadi (Personal computer)
Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk sendiri dan tidak terhubung dengan komputer-komputer lainnya.

2. Komputer jaringan (Network computer)
Komputer jenis ini tersambung ke komputer lain melalui media komunikasi tertentu seperti switch, hub, dan lainnya. yang dalam pengoperasiannya diatur oleh satu atau beberapa komputer server.

Golongan komputer berdasarkan generasi

Generasi pertama
Ciri-ciri dari komputer generasi pertama adalah menggunakan tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya, untuk program hanya bisa dituliskan menggunakan bahasa mesin, menggunakan media penyimpanan eksternal, ukuran fisik komputer sangatlah besar sehingga memerlukan ruangan yang sangat luas, cepat panas sehingga memerlukan alat pendingin udara, prosesnya sangat lambat dengan kapasitas yang kecil kemudian sangat membutuhkan daya listrik yang besar.

Generasi kedua
Ciri dari komputer generasi kedua untuk sirkuitnya tidak lagi menggunakan vacuum tube akan tetapi menggunakan transistor, programnya pun tidak menggunakan bahasa mesin tetapi menggunakan program bahasa tingkat tinggi seperti Fortran, Cobol, dan Algol, kapasitas memori utama cukup besar masih menggunakan media penyimpanan eksternal sedangkan untuk ukuran fisiknya lebih kecil dari komputer generasi pertama, prosesnya pun relatif lebih cepat dan pasokan daya listrik juga lebih sedikit.

Generasi ketiga
ciri dari komputer generasi ketiga ini yaitu menggunakan IC (Integrated Circuits) sehingga kecepatannya lebih tinggi, kapasitas memorinya juga cukup banyak, menggunakan media penyimpanan eksternal, lebih menghemat listrik, harganya lebih murah, kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui suatu jaringan.


nah itu adalah sedikit penjelasan mengenai golongan-golongan komputer. ups... tapi ada sedikit tambahan mengenai sejarah Large Scale Integration (LSI) karena ini penting untuk dijelaskan. Sejak tahun 1970 terjadi dua perkembangan yang di anggap monumental, yaitu penggunaan LSI yang merupakan pemadatan dari beribu-ribu Integrated Circuits menjadi satu chip, dan kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang memadatkan ratusan ribu hingga jutaanIntegrated Circuits dalam satu chipnya. Subhanalloh.. begitu luar biasanya kan definisi dari chip sendiri yaitu sebagai peralatan dengan pathways (jalan) microscopic yang membawa sinyal eletrik yang ditempelkan pada motherboard. Dan ukuran chip ini lebih kecil dari kuku para wanita loh.. Subhanalloh, sungguh luar biasa kan. Cukup sampai disini penjelasan mengenai pembahasan akan golongan komputer, dan InsyaAlloh akan dilanjutkan lagi pada artikel berikutnya mengenai bahasan yang tentunya tentang teknologi donk..so Pantang Gaptek di era sekarang dan yg akan datang ^___^!!!!



writed by Dudy Adityawan

0 komentar: