Sabtu, 21 Februari 2009

ORGANISASI KOMPUTER SATU

Pada artikel-artikel sebelumnya kita sudah membahas masalah sejarah komputer dan juga penggolongan komputer, nah pada kesempatan ini saya akan sedikit membahas tentang organisasi komputer. Seperti apa jenis dari organisasi komputer? tentu dari kata organisasi sendiri sudah kita ketahui bahwa organisasi merupakan suatu himpunan atau suatu kumpulan yang bisa menghasilkan sesuatu (maaf kalau salah definisinya tolong di perbaiki ya :D) dalam hal ini yang dimaksud dengan organisasi komputer adalah kumpulan atau himpunan sesuatu sehingga membuat suatu komputer itu sendiri bekerja (ini juga ya kalau salah tolong diperbaiki :D). Ada beberapa komponen utama yang dimiliki komputer kuhususnya, seperti Central Processing Unit (CPU), kemudian peralatan input dan output, memori utama, Secondary memory, dan Instruksi komputer. Untuk lebih jelasnya nanti kita akan membahasnya lebih detail lagi.
Komputer personal (PC) biasanya terdiri dari Chassis/case, keyboard, monitor, dan mouse itu adalah satu kesatuan unit komputer, tetapi dari kesemua bagian itu ada bagian yang paling penting yaitu unit sistem atau seringkali dinamakan chassis bukan CPU ya, karena di dalam chassis itu terdapat komponen-komponen elektronik komputer. contohnya Processor,Motherboard, Modul memory, Hard disk, VGA, Sound card, Modem card, NIC, dll. Nah coba bayangkan jika suatu komputer tidak memiliki unit sistem, tentunya komputer itu tidak akan berfungsi sama sekali bukan.
Kita sering mendengar kata motherboard, motherboard itu artinya bukan Papan Ibu tapi merupakan suatu idiom yang diartikan sebagai papan sirkuit utama dalam unit sistem. Komponen terpenting dari komputer dalah unit sistem dan komponen terpenting dalam unit sistem adalah motherboard. Didalam motherboard terdapat chip, integrated circuits, dan transistors. ada juga expansion slots terus memory modul, heat sink, memory slots dan processor chip. sudah jelaskan bahwa yang namanya Unit sistem itu berbeda dengan CPU sedangkan CPU itu adalah tempat pemroses instruksi-instruksi yang mengoperasikan komputer atau dinamakan juga processor didalam CPU terdapat 2 komponen yaitu Control Unit dan juga Arithmetic Logic Unit (ALU).

Control Unit

Komponen didalam CPU ini sangatlah penting karena mengkoordinasikan operasi-operasi dalam komputer control unit mengulangi 4 operasi dasar yaitu
1. Fetch untuk mengambil instruksi program atau item data dari memori
2. Decode untuk mentranslate instruksi ke dalam perintah (command)
3. Execute untuk mengeksekusi command
4. Store untuk menuliskan hasil kedalam memori

Masih dalam kaitannya dengan control unit ada juga yang dinamakan dengan machine cycle, machine cycle itu sebenarnya adalah proses dari keempat proses dasar tadi misalnya saya memasukkan masalah pertambahan (100 + 52) kedalam memori komputer maka hasilnya dalam memori akan ditampilkan pada screen monitor. Akan tetapi hasil tersebut tidaklah muncul begitu saja karena terlebih dahulu diproses sedemikian rupa dengan konsep dasar 4 tadi sehingga outputnya menjadi 152 pada layar monitor. Loh ko bisa cepet sih hasilnya ketika kita memasukkan masalah pertambahan di komputer terus hasilnya juga langsung ada seolah-olah tidak ada proses yang dilakukan terlebih dahulu, wah kalau gitu canggih bener donk ya komputer kalau gak ada prosesnya :D. Sebenarnya bukan tidak melakukan proses akan tetapi proses tersebut sangat cepat dilakukannya seolah-olah tidak terjadi proses berdasarkan berapa banyak millions dari instruksi per secondnya atau MIPS yang dapat diprosesnya. ada dua rancangan yang digunakan untuk CPU yang pertama adalah CISC (Complex Instruction Set Computing) yang mendukung sejumlah besar instruksi dan CPU mengeksekusi instruksi-instruksi yang kompleks lebih cepat, sedangkan RISC (Reduced Instruction Set Computing) mendukung lebih sedikit instruksi sehingga CPU mengeksekusi instruksi yang sederhana lebih cepat.

Aritmethic Logic Unit (ALU)

Ini adalah komponen kedua yang dimiliki CPU karena komponen ini melakukan bagian eksekusi dari machine cycle. Untuk melakukan eksekusi maka ada istilah pipelining yaitu CPU mulai mengeksekusi instruksi kedua sebelum menyelesaikan instruksi pertama dan hasilnya adalah pemrosesan yang lebih cepat.


Didalam CPU juga terdapat register (bukan pendaftaran ya maksudnya :-p) merupakan area penyimpanan sementara yang memegang data dan instruksi, menyimpan apa sajakah si register ini yang pertama dia menyimpan lokasi dari mana istruksi di fetched, kedua menyimpan instruksi selama instruksi tersebut di decode, kemudian menyimpan data selama ALU memprosesnya dan terakhir menyimpan hasil kalkulasi. Register terbagi menjadi lima yaitu Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses, kedua Program counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya dimemori utama dapat dengan mudah didapatkan, ketiga general purpose register yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh , register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register, sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator, keempat Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan di rekam ke memori utama dari hasil pengolahan oleh CPU, terakhir adalah Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instuksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan. Gambar dibawah ini adalah gambar yang menjelaskan hubungan CPU dan main memori.






















Pernahkah kita mendengar microprocessor?microprocessor adalah chip tunggal yang ditemukan didalam personal computer dan juga ada istilah coprocessor yaitu chip yang membantu processor dalam mengerjakan tugas tertentu, salah satu bentuknya adalah floating-point. Coprocessor juga dikenal sebagai math atau numeric coprocessor. Sampai di sini penjelasan mengenai Organisasi komputer satu dan InsyaAlloh nanti akan dilanjutkan dengan Organisasi Komputer lanjutan yang akan membahas lagi mengenai Organisasi komputer karena masih banyak komponen-komponen yang belum dijelaskan. So tunggu aja ya artikel berikutnya ^__^




writed by Dudy Adityawan

0 komentar: