Selasa, 02 Juni 2009

Peta Informasi untuk Reporter Olahraga

SWAPit secara otomatis akan membuat suatu konteks. Tema serupa dengan kata kunci yang sama akan dikelompokkan pada satu bidang terang. Semakin besar bagian gelap di antara bagian-bagian terang pada peta informasi, semakin sedikit keterkaitan antara bagian-bagian tersebut. Dalam contoh, yang dibingkai biru adalah semua berita aktual yang ditampilkan ketika reporter mencari tim Herta Berlin. Selain itu, ia juga mencari artikel mengenai Oliver Kahn dan Jens Lehmann.

Image

Secara sekilas dapat langsung dikenali isinya, terutama mengenai persaingan antara kedua penjaga gawang tim nasional Jerman tersebut. Artikel-artikel ditandai dengan warna merah muda pada peta. Dengan demikian, reporter dengan cepat dapat menemukan kaitan aktual dengan persaingan Kahn-Lehmann.

Meja Display Digital

Image

Meja display besar menampilkan gambar keseluruhan sebuah area bencana. Seperti kaca pembesar digital, tablet-tablet yang dapat digeser di atasnya menampilkan detail secara akurat. Cuplikan peta yang dipilih dapat dilihat dengan jelas detailnya. Bila perlu, informasi lain mengenai area yang bersangkutan dapat juga ditampilkan.

Manusia Virtual

Image

Di CeBIT berlangsung pertunjukan teknologi. Moderator virtual memandu peserta game melalui babak-babak kuis. Dengan teknik pengenalan bahasa, mereka menganalisa komentar-komentar pemain dan memberi petunjuk. Ucapan-ucapan figur buatan tersebut bukan berasal dari sebuah database yang telah dipersiapkan sebelumnya, melainkan dibuat secara spontan dan bebas berdasarkan dialog yang terjadi. Proyek 'Virtual Human' ini akan mempermudah pengoperasian komputer nantinya.

Links :
www.informatikjahr.de: Agenda dan links tahun informatika
www.infoverse.org/l2dsspace: Liquid Browsing
fit.fraunhofer.de/projekte/swapit: Analisa dokumen SWAPit.
www.dfki.de/web/research: Pusat Penelitian untuk Kecerdasan Buatan.

0 komentar: